×
ID FOOD Siap Dukung Penguatan Pertanian Wilayah Indonesia Timur

SULAWESI SELATAN – Ketahanan pangan dapat diwujudkan secara merata di seluruh wilayah Indonesia melalui penguatan lumbung-lumbung pangan daerah yang difokuskan untuk menggenjot produktivitas serta sebagai pusat pengembangan benih, varietas dan studi. Untuk mewujudkannya Induk BUMN Golding Pangan, ID FOOD, siap menggandeng Perum Bulog, pihak swasta, serta para stakeholder pangan lainnya.
 
Hal tersebut disampaikan Direktur Utama ID FOOD Arief Prasetyo Adi saat melakukan kunjungan kerja ke fasilitas Rice Milling Unit (RMU) atau fasilitas pengolahan beras PB Rahma, di Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, Jumat, 14 Januari 2022. Kunjungan dilakukan bersama Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk BUMN Zuryati Simbolon, Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita, serta Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara.
 
Menurut Arief, dalam rangka memastikan ketahanan pangan terlaksana secara merata dan berkelanjutan, Indonesia tidak bisa lagi menggantungkan suplai kebutuhan pokoknya dari Jawa atau beberapa titik saja. Arief mengatakan, ID FOOD bersama Bulog dan swasta siap berkolaborasi mengamankan rantai pasok pangan khususnya komoditas beras di wilayah timur.
 
Lebih lanjut Arief mengatakan, agar potensi Sidrap sebagai lumbung pangan tidak tergerus, ia bersama BUMN Pangan lainnya akan melakukan kajian dan menyiapkan skema kerja sama berkelanjutan yang berprioritas pada terwujudnya inklusifitas petani sebagai tulang punggung pertanian.
 
Arief mengatakan, diperlukan komitmen dan kerja sama yang solid untuk menegakan ketahanan pangan nasional yang merata dan kuat. Untuk itu, sebagai BUMN yang baru disahkan sebagai Induk Holding BUMN Pangan, ID FOOD sangat terbuka untuk menjalin kolaborasi.
 
Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Selatan, Arief juga berkesempatan mengunjungi Gudang Bulog serta Pasar Beras di Pare-pare, dan fasilitas peternakan milik PT Berdikari United Livestock (BULS), Anak Perusahaan PT Berdikari (ID FOOD Group), di Sidenreng Rappang (Sidrap). Menurutnya, potensi pangan di Sulawesi Selatan sangat baik dan beragam.