×
Peduli Limbah Plastik, BUMN Klaster Pangan ajak Masyarakat Pesisir tukar botol dengan Pangan

Jakarta - Menyadari isu lingkungan yang tidak luput dari sampah plastik, BUMN Klaster Pangan menyelenggarakan Kegiatan tukar botol plastik dengan pangan sembako dan ikan yang digelar di Kantor Pusat PT Perikanan Indonesia (Persero) pada Selasa, 28 Desember 2021. Kegiatan ini terselenggara kerja sama Srikandi BUMN Pangan, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN Klaster Pangan dan komunitas daur ulang Sumpah Sampah.

Direktur SDM RNI sekaligus Dewan Pengarah Srikandi BUMN Endang Suraningsih mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan BUMN Pangan terhadap pelestarian lingkungan yang tidak hanya di darat melainkan juga Ekosistem di laut.

Endang melanjutkan masih momentum Hari Ibu di bulan Desember 2021 ini, kegiatan yang diselenggarakan di area Pelabuhan Perikanan Muara Baru ini merupakan penghormatan terhadap ibu-ibu nelayan, pekerja tenaga kebersihan dan kaum dhuafa masyarakat pesisir dengan mengusung tema Peran Ibu untuk Pangan Tumbuh Indonesia Tangguh.

Selain itu, menurutnya melalui kegiatan ini BUMN Klaster Pangan turut berkontribusi dalam memajukan UMKM pengrajin lokal dari hasil daur ulang plastik. Terdapat sekitar 300 orang penerima manfaat kegiatan penukaran botol plastik dengan sembako pangan tersebut.

Pada kesempatan ini ditampilkan juga demo pengolahan limbah plastik menjadi barang yang bernilai yang diharapkan dapat menjadi inspirasi kegiatan kreatif yg menunjang pelestarian alam.

Sementara itu, sebagai pengelola kawasan Pelabuhan Perikanan di Muara Baru, Direktur Utama PT Perikanan Indonesia (Persero) Sigit Muhartono menyebut bahwa dengan pertumbuhan populasi dunia antara 5-10M jiwa pada tahun 2050, akan menimbulkan kebutuhan pangan yang lebih banyak. Tentu hal ini juga tidak melupakan sustainability of our world.