×
Monitoring Penyaluran Bantuan Pangan Stunting Di Sumatera Utara
Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret ini. Upaya penyaluran akan terus ditingkatkan secara bertahap guna memenuhi target penyaluran kepada 1.446.089 Keluarga Rawan Stunting (KRS) di 7 provinsi di seluruh Indonesia.
Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan saat melakukan peninjauan dan monitoring Penyaluran Bantuan Penanganan Stunting tahun 2024, Kamis, 28/3/2024, di Kota Medan, Sumatera Utara mengatakan, kegiatan penyaluran tahap pertama 2024 ini akan dilakukan sebanyak 3 kali dengan jangka waktu selama 3 bulan. “Jadi pada tahap pertama 2024 ini KRS akan menerima bantuan berupa 1 kg daging ayam dan 10 butir telur ayam sebanyak tiga kali. Pola ini sama dengan penyaluran yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 lalu,” ujarnya.
Frans mengatakan, saat ini untuk penyaluran di wilayah provinsi Sumatera Utara juga sudah berjalan. Untuk wilayah ini bantuan disalurkan kepada 181 KRS.
bantuan pangan ini dapat mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting di tingkat daerah maupun nasional. “Kita berharap bantuan ini akan membawa manfaat besar khususnya bagi upaya penurunan angka stunting baik di Tingkat nasional maupun provinsi," ujar Frans.
Untuk Provinsi Sumatera Utara sendiri, Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, angka prevalensi stunting di Sumatera Utara berhasil turun menjadi 18,9%, atau berkurang sekitar 2,2%, dari tahun sebelumnya 2022 sebesar 21,1%. Di tahun 2024 Pemprov Sumatera Utara menetapkan target angka penurunan stunting menjadi 14%.