×
Dukungan Penguatan Peran BUMN Dalam Penugasan Pemerintah, ID FOOD Sharing Pelaksanaan Penugasan Pemerintah Di Sektor Pangan
Holding BUMN Pangan ID FOOD mendukung penguatan peran BUMN sebagai operator dalam pelaksanaan program-program pemerintah. Dukungan tersebut disampaikan Direktur Supply Chain Management (SCM) dan IT ID FOOD Bernadetta Raras, saat menjadi pembicara dalam Focus Group Discussion (FGD) Peran BUMN dalam Mewujudkan Ketahanan Kesehatan Nasional yang dilaksanakan Biofarma Group, Selasa, 14/5/2024, di Jakarta.
Dalam kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dan insight dari BUMN yang selama ini telah menerima dan melaksanakan skema penugasan khusus dari pemerintah tersebut, disampaikan sejumlah proses bisnis penugasan yang telah dijalankan ID FOOD, diantaranya penugasan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).
Selain itu, diulas juga terkait implementasi dan tata Kelola penugasan dari mulai memastikan landasan hukum pelaksanaan, pembentukan tim, proses pengadaan, pengelolaan CPP dari mulai penerimaan; penyimpanan; pelepasan; dan penggantian CPP, penyaluran CPP, penagihan, dan monitoring pelaporan penugasan.
Pada sesi tersebut juga dipaparkan terkait sejumlah poin penting yang harus dicermati dalam pelaksanaan penugasan pemerintah, seperti mitigasi risiko, koordinasi yang harus dijalankan dengan baik dengan stakeholder terkait, kesiapan personal dan sarana prasarana, pengorganisasian SDM, dan proses monitoring yang harus dilaksanakan secara real time melalui digitalisasi sistem monitoring dan traceability dokumen dan barang.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan BUMN Perum Bulog dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

Postingan Terbaru