×
RNI Siap Berperan sebagai Offtaker Produk Pertanian
  • INDRAMAYU - Sebagai calon induk holding BUMN pangan, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) berencana untuk mengoptimalkan peran sebagai koordinator klaster pangan dengan menjadi offtaker hasil Pertanian.

    Hal ini disampaikan Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi bertepatan dengan kunjungan kerja Presiden Jokowi hadiri Panen raya padi di desa Wanasari kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu provinsi Jawa Barat masa tanam 1 tahun 2021.

    Arief menambahkan kesiapan RNI sebagai offtaker hasil petani lokal tersebut sejalan dengan visi misi Pemerintah terkait transformasi sektor pangan, khususnya sektor pertanian, melalui peningkatan inklusivitas dan kesejahteraan Petani lokal.

    Sebagai calon induk holding pangan, RNI telah mempersiapkan infrastruktur dari hulu hingga hilir untuk penyerapannya, tentunya dengan melibatkan BUMN klaster pangan, seperti PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri sebagai calon Anggota holding klaster pangan yang bergerak dalam bidang pertanian.

    Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menuturkan pihaknya terus memprioritas penanganan panen yang baik sehingga produksi padi yang dicapai optimal atau tidak mengalami losses (kehilangan) yang besar. Untuk itu, terkait luasan panen padi yang over tapi terkendala tenaga kerja, segera disalurkan bantuan mesin panen padi (combine harvester) sehingga tidak terjadi penundaan panen dan gabah yang dihasilkan bernilai jual tinggi.