×
BUMN Klaster Pangan Siapkan Solusi untuk Pembangunan Ekosistem Pangan di Wilayah Jawa Timur

PASURUAN - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI berpartisipasi dalam pertemuan Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah Jawa Timur, yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, di Taman Dayu Hotel dan Resto Pandaan, Jumat, 13 November 2021. Dalam kesempatan tersebut Direktur Komersial RNI Frans Marganda Tambunan yang bertindak sebagai narasumber menyampaikan tentang Holding Pangan dan pentingnya membangun ekosistem pangan nasional sebagai solusi dalam permasalahan pertanian.

Kegiatan ini digelar sebagai upaya peningkatan pangan nusantara khususnya di wilayah Jawa Timur, yang disiapkan sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Frans menyampaikan, saat ini pangan global dan nasional menghadapi tantangan terkait pemenuhan aspek rantai nilai sebagai landasan untuk membangun ekosistem bisnis pangan nasional yang tangguh dan berdaya saing. Salah satu upaya untuk memperkuat sektor pangan nasinal adalah penerapan program Makmur, sebagai solusi pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

Lebih lanjut, Frans menambahkan, BUMN Klaster Pangan membuka lebar peluang kerja sama dalam bermitra dengan BUMD Jawa Timur atau dinas Provinsi Jawa Timur terkait pengendalian inflasi daerah.

Sementara itu, Harmanta, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Jatim mengatakan, kegiatan FGD yang mengundang RNI sebagai narasumber Holding BUMN Klaster Pangan merupakan sinergi dalam mewujudkan Provinsi Jawa Timur sebagai lumbung pangan nasional.

Turut hadir dalam kesematan FGD tersebut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Jatim, Kepala Divisi Implementasi Kekda KPWBI Prov Jatim OPD, Kepala Disperindag Prov Jatim, Kepala Dinas Peternakan, Direktur Puspa Agro, General Manager PT Jatim Graha Utama, Perwakilan Biro Perekonomian, dan Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov Jatim, Perwakilan Diskominfo Prov Jatim.