×
ID FOOD Siapkan Pusat Suplai Daging dan Sapi Potong Wilayah Indonesia Timur

SULAWESI SELATAN – Usai diresmikan dan ditetapkan Pemerintah sebagai BUMN Holding Pangan, ID FOOD langsung bergerak cepat memastikan ketersediaan pasokan kebutuhan pangan strategis. Salah satunya, mengamankan pasokan daging untuk wilayah Indonesia Bagian Timur melalui penggemukan dan pembibitan sapi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama ID FOOD Arief Prasetyo Adi saat melakukan kunjungan kerja ke fasilitas peternakan milik PT Berdikari United Livestock (BULS), Anak Perusahaan PT Berdikari (ID FOOD Group), di Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan, Jumat, 14 Januari 2022. Kunjungan dilakukan untuk melihat langsung peternakan sapi dan penanaman pakan ternak.

Arief mengatakan, kebutuhan daging sapi di Indonesia sangat besar, namun ketersediaan dan keterjangkauannya masih harus terus ditingkatkan. Oleh karena itu, PT BULS di Sidrap, diharapkan dapat menjadi pusat suplai daging dan sapi potong, khususnya untuk mengamankan pasokan daging di kawasan Indonesia Timur.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon, yang turut serta dalam kunjungan kerja menambahkan, pihaknya mengajak seluruh jajaran BUMN, khususnya ID FOOD beserta unit usahanya, untuk bekerja keras memperkuat kolaborasi dalam rangka membangun ketahanan pangan nasional.

Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara, dalam kesempatan ini mengatakan, sebagai bagian dari entitas bisnis BUMN Holding Pangan, pihaknya siap mendukung upaya BUMN Holding Pangan dalam menjaga ketersediaan komoditas pangan, khususnya stok daging.

Saat ini, jumlah sapi brahman cros/BX di peternakan PT BULS mencapai 1.046 ekor. Didukung luas lahan sekitar 6.700 hektare, PT BULS memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi perusahaan penggerak sektor peternakan nasional.

Menurut Harry, PT BULS tengah mempersiapkan agar ranch milik PT Berdikari ini menjadi pusat pembibitan dan pengembangbiakan sapi di Indonesia.