×
Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional Ke-76: ID FOOD Siap Tingkatkan Kolaborasi dengan Koperasi untuk Perkuat Inklusifitas Petani, Peternak, dan Nelayan

PADANG - Holding BUMN Pangan ID FOOD mendukung penuh penguatan Koperasi sebagai pilar ekonomi bangsa. Perseroan juga siap berperan aktif meningkatkan kolaborasi bersama Koperasi, khususnya Koperasi yang bergerak di sektor pangan dalam rangka penguatan bisnis perseroan dan ekosistem pangan nasional sesuai tujuan pembentukan Holding Pangan. 


Hal tersebut disampaikan Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan, saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional Ke-76 Tahun 2023, Minggu, (23/7/2023), di Universitas Negeri Padang, Kota Padang. Menurutnya, Koperasi merupakan entitas penting dan mitra strategis dalam pengembangan bisnis pangan ke depan.


“Koperasi memiliki jangkauan bisnis yang luas dan masif dengan aktivitas usaha dan keanggotaan yang mengakar sampai ke tingkat desa. Selain itu, Koperasi juga merupakan wadah penting bagi petani, peternak, dan nelayan dalam menjalankan aktivitas produksi, pembudidayaan, dan hilirisasi. Ini tentunya sangat bisa dikolaborasikan dengan portfolio bisnis ID FOOD yang bergerak di sektor pangan,” terangnya. 


Peran serta Koperasi menghimpun dan mendukung aktivitas hulu dan hilir sektor pangan sejalan dengan peran Holding Pangan BUMN dalam mendukung ketersediaan pangan serta mewujudkan inklusifitas petani, peternak, dan nelayan. “Kolaborasi yang kuat keduanya diharapkan dapat mengakselerasi penguatan ekosistem pangan nasional,” ujarnya. 


ID FOOD sendiri telah menjalin sejumlah kerja sama dengan Koperasi yang bergerak di sektor pangan. Salah satunya mendukung kerja sama Kementerian Koperasi dan UKM, bersama Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN dalam menghubungkan pelaku Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) dengan rantai pasok global (global value chain) yang telah dimulai tahun 2021 lalu.


Selain itu, dalam program penyaluran bantuan pangan stunting telur dan daging ayam bagi 1,2 juta Keluarga Rawan Stunting (KRS), perseroan melalui member of ID FOOD yang bergerak di sektor peternakan yaitu, PT Berdikari, juga melakukan kerja sama penyerapan telur dan daging ayam langsung dari peternak layer yang tergabung ke dalam koperasi dan asosiasi peternak. 


Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-76 dipusatkan di Padang, serta dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, serta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid.