×
ID FOOD Serap Aspirasi dan Gagasan Mitra Petani Tebu Wilayah Subang
Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/ID FOOD Sis Apik Wijayanto melakukan sharing dan diskusi dengan mitra petani tebu di areal PT PG Rajawali II unit PG Subang, pada Selasa, (6/8/2024), di Subang. Kegiatan ini dalam rangka memperkuat kerja sama antara ID FOOD dengan petani tebu rakyat sebagai mitra strategis perusahaan.
Menurutnya, Pabrik Gula ID FOOD Group terus gencar meningkatkan program kemitraan tebu bersama para petani tebu rakyat di sekitar wilayah PG. “Dalam empat tahun terakhir pelaksanaan kemitraan tebu PT PG Rajawali II tercatat angka partisipasi masyarakat dan luas lahan terus meningkat. Hal ini menandai kepercayaan masyarakat semakin tumbuh dan program kemitraan turut memberikan manfaat bagi kesejahteraan,” terangnya.
Pada tahun 2020 program kemitraan tebu PT PG Rajawali II berhasil menjaring sebanyak 3.206 petani mitra. Kemudian di tahun 2021 bertambah menjadi 3.441 petani mitra, tahun 2022 naik menjadi 4.442 petani mitra, dan tahun 2023 ini kembali tumbuh menjadi 5.070 petani mitra. Pada tahun 2024 ditargetkan angka partisipasi naik menjadi sekitar 5.135 petani mitra.
“Kedepannya program kemitraan ini akan terus ditingkatkan karena sangat penting menjalin dan menjaga kemitraan dengan petani. Mitra petani berperan memasok bahan baku tebu ke pabrik gula, sedangkan pabrik gula berperan menyerap hasil panen tebu untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” jelasnya.
Selain melakukan diskusi dalam rangka menyera paspirasi dan gagasan mitra petani, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peninjauan PG Subang. Menurutnya, ID FOOD saat ini tengah menyiapkan strategi untuk melakukan revitalisasi pabrik melalui kerja sama dan kolaborasi.
Turut hadir mendampingi kunjungan tersebut jajaran Direksi PT PG Rajawali II dan jajaran manajemen PG Subang.

Postingan Terbaru