×
Perkuat Rantai Pasok Pangan Nasional, ID FOOD Gandeng PT PELNI Kolaborasi Pengangkutan Logistik
Dalam upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di seluruh Indonesia, Holding BUMN Pangan ID FOOD terus melakukan kolaborasi untuk memperkuat rantai pasok pangan nasional. Diantaranya melalui sinergi pengangkutan logistik bersama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT PELNI yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU), di Jakarta, Jumat (30/08/2024).
Salah satu fokus kerja sama tersebut adalah untuk peningkatan distribusi dan pengangkutan logistik, terutama untuk komoditas unggulan ID FOOD seperti gula, garam, dan hasil Perkebunan lainnya. Kerja sama ini dinilai sangat potensial, karena PT PELNI memiliki armada kapal yang banyak dan tersebar di berbagai titik lokasi, terutama kapal perintis dan tol laut.
“PT PELNI dapat menjadi mitra strategis ID FOOD dalam mendistribusikan berbagai komoditas pangan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil,” ujar Direktur Utama ID FOOD Sis Apik Wijayanto usai penandatanganan MoU bersama Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani.
Selain terkait pengangkutan komoditas pangan, kerja sama ini juga diharapkan dapat memperkuat optimalisasi aset perusahaan. Mengingat ID FOOD memiliki sejumlah gudang dan fasilitas logistik di wilayah Jakarta yang dapat dioptimalkan untuk mendukung distribusi logistik PT PELNI sehingga lebih efisien.
Dengan adanya kolaborasi ini, ID FOOD dan PT PELNI berharap dapat meningkatkan kontribusi dalam menjaga ketersediaan pangan di seluruh wilayah Indonesia, serta menekan biaya logistik sehingga harga pangan dapat lebih terjangkau bagi masyarakat.

Postingan Terbaru