×
Dukung Ekspor Rumput Laut PPI Operasikan Gudang Buduran
PT Perusahaan Perdagangan Indonesia member of ID Food / PPI menggelar acara peringatan HUT ke-20 dengan mengusung tema 'Tumbuh Bersama', di Jakarta pada Senin (19/06/2023). Peringatan 20 tahun tersebut menjadi sebuah momentum perjalanan dalam proses transformasi PPI dalam peran dan fungsinya sebagai agregator dan integrator produk-produk BUMN Holding Pangan, salah satunya dengan mengoperasionalisasikan Unit Pengolahan Ikan (UPI) Buduran, Sidoarjo.

Rumput laut yang merupakan salah satu komoditas andalan ekspor Indonesia, menjadi pasar potensial untuk dikembangkan. Hal inilah yang mendasari PPI memiliki UPI Buduran agar dapat memaksimalkan potensi ekspor rumput laut.

“PPI berkomitmen mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan operasional dan kapabilitas kepemilikan aset dalam mendukung kinerja ekspor,” ujar Nina Sulistyowati, Direktur Utama PPI.

Operasionalisasi UPI Buduran yang dilakukan oleh PPI, menjadi upaya penetrasi pasar dalam membuka peluang ekspor komoditas unggulan Indonesia yaitu rumput laut. UPI Buduran yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, merupakan infrastruktur penunjang aktivitas pengolahan rumput laut yang dimiliki oleh PPI untuk menjamin proses pengemasannya sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam mendukung ekspor komoditas rumput laut ke mancanegara lainnya.