×
ID FOOD GELAR DIALOG DENGAN MITRA PETANI TEBU
Dalam rangka memperkuat hubungan kemitraan dengan petani tebu, ID FOOD bersama Member of ID FOOD PT PG Rajawali II melakukan dialog Silaturahmi Awal Tahun bersama petani tebu, Jumat, 5 Januari 2024, di Cirebon, Jawa Barat. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan, Direktur Utama PT PG Rajawali II Wahyu Sakti, serta perwakilan mitra petani.
Dalam kesempatan tersebut dibahas berbagai hal terkait upaya perusahaan memperkuat hubungan kemitraan dan peningkatan produksi gula. Di antaranya mengenai skema pendanaan kerja sama kemitraan, menjaga pasokan pupuk dan bibit, serta sistem bagi hasil.
Frans mengatakan, dialog ini bertujuan untuk menyerap aspirasi serta mencari solusi atas tantangan yang dihadapi petani serta industri gula khususnya di wilayah operasional PT PG Rajawali II. Menurutnya, prinsip-prinsip dari kemitraan harus saling menguntungkan, mengedepankan kesetaraan dan komunikasi yang clear.
Ia juga menyampaikan, agar aktivitas budidaya tebu harus terus mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan teknologi serta digitalisasi, sehingga proses perencanaan hingga penghitungan bagi hasil dapat dilakukan secara akurat. Diharapkan dengan menerapkan automasi dan teknologi dapat membantu mengefektifkan/mengefisiensikan skema kemitraan.