×
Transformasi ID FOOD Dorong Peningkatan Peran Talent Perempuan Dalam Bidang Digital

Langkah transformasi Holding BUMN Pangan ID FOOD terus didorong melalui digitalisasi dan peningkatan implementasi Corporate Value AKHLAK. Upaya strategis yang dilakukan di antaranya dengan penguatan nilai-nilai harmoni yang terwujud dalam kesetaraan peran talent perempuan ID FOOD di berbagi lini bisnis termasuk di bidang digital.


Hal ini disampaikan Direktur Supply Chain Management (SCM) and Teknologi Informasi (TI) ID FOOD Bernadetta Raras, saat menjadi pembicara dalam Diskusi Indonesia Internet Expo yang mengangkat tema “Bridging The Gender Digital Divide: Strategies for Inclusive Digital Access”, Jumat, (11/8), di JIExpo, Jakarta. Menurutnya, peran perempuan di lingkungan kerja saat ini tidak terbatas pada lingkup pekerjaan tertentu saja, bahkan telah meluas ke aspek yang berkaitan dengan dunia digital.


Kondisi ini dinilai sangat baik bagi percepatan transformasi digital perusahaan. Pasalnya, semakin terbukanya keterlibatan talent perempuan di bidang digital akan semakin menambah jumlah SDM perusahaan yang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Berdasarkan data, Kementerian Kominfo menyatakan sampai tahun 2030 dibutuhkan 9 juta talenta digital. Jumlah itu merupakan kebutuhan talenta digital di level terampil dan semi-terampil.


Lebih lanjut, ia menambahkan, saat ini lingkungan kerja ID FOOD semakin memberikan ruang yang luas terhadap peran serta talent perempuan. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya wadah berkreasi talent perempuan Holding BUMN Pangan melalui Srikandi Pangan BUMN.  Ruang organisasi tersebut telah memberikan ruang tersendiri bagi akselerasi kompetensi talent Perempuan ID FOOD. 


Sejumlah program kerja Srikandi Pangan BUMN, diakui Raras, mampu mendukung peningkatan kompetensi talent perempuan ID FOOD Group. Saat ini program kerja Srikandi Pangan BUMN meliputi Srikandi Talent Exchange, Women Cross Mentorship, Women Leadership Development Program, Srikandi Muda Internship, Women Preparation Global Study & Scholarship, dan Girls Talk.


Selain itu, ia menambahkan, dukungan perusahaan terhadap pengembangan talent Perempuan juga dibuktikan dengan representasi 25 persen BoD Perempuan di lingkup ID FOOD Group. Ia meyakini, ke depannya kondisi ini akan sangat mendukung peningkatan peran strategis perempuan, termasuk dalam bidang digital di perusahaan sehingga mendukung percepatan transformasi.


Diskusi yang digelar oleh Sobat Cyber Indonesia tersebut turut dihadiri oleh Deputi V KSP RI Jaleswari Pramodhawardani dan Regional Director WIMAX FORUM Indonesia/Senior Advisor Federasi TI Indonesia Sylvia Efi Widyantari Sumarlin.