×
Jaga Ketahanan Pangan NTT ID FOOD Pasok Gula dan Jajaki Kerja Sama Hilirisasi Jagung
Holding BUMN Pangan ID FOOD terus mendukung upaya pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional khususnya di wilayah Timur Indonesia. Dukungan tersebut salah satunya dilakukan melalui pengiriman pasokan pangan dan penjajakan kerja sama hilirisasi bahan pangan strategis di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).
Dalam kunjungan kerjanya ke NTT, Direktur Komersial ID FOOD Nina Sulistyowati yang hadir mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi, pada Sabtu, (12/8), berkesempatan melakukan pembukaan kontainer berisi 100 ton gula kristal putih Raja Gula yang di salurkan ID FOOD untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi di provinsi NTT.
Pengiriman gula tersebut dilakukan melalui kolaborasi ID FOOD bersama NFA dan Kementerian/Lembaga terkait. Diharapkan dengan kerja sama pengiriman pasokan ini dapat menjaga stabilitas stok dan harga gula konsumsi di NTT sehingga berkontribusi meningkatkan keterjangkauan pangan ditingkat masyarakat. Sebelumnya, melalui fasilitas Tol Laut, ID FOOD juga telah melakukan pendistribusian komoditas pangan seperti minyak goreng dan gula ke NTT.
Selain melalui peningkatan pasokan pangan, upaya menjaga ketahanan pangan di NTT secara jangka panjang juga harus dilakukan melalui penguatan produksi dan hilirisasi komoditas pangan lokal seperti jagung. Untuk mendukung hal tersebut, dalam kunjungan kerja saat meninjau Panen Jagung Hibrida di lahan Lanud El Tari, NFA mendukung ID FOOD menjalin kerja sama hilirisasi komoditas jagung yang di tanam oleh TNI AU bersama para Mahasiswa di lahan seluas ± 40 Ha tersebut.
Kerja sama tersebut diharapkan dapat menjaga stabilitas harga jagung di tingkat petani/produsen di NTT dan meningkatkan pasokan komoditas tersebut ke sentra-sentra produsen pakan ternak unggas guna menjaga stabilitas harga pakan, telur, dan daging ayam.