×
RNI Dukung Kerja Sama Sang Hyang Seri dan PT Alami Orion Agrotama Amankan Pasokan Bawang Merah Bulan Puasa & Lebaran
  • SUBANG – Dalam rangka turut serta memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Bulan Puasa dan Lebaran, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) mendukung kerjasama PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS) dan PT Alami Orion Agrotama (AOA) dalam pengembangan budidaya bawang merah di komplek pertanian SHS yang berlokasi di Sukamandi, Subang Jawa Barat. Kerjasama tersebut ditandai dengan penanaman perdana oleh Direktur Utama RNI sekaligus Ketua BUMN Klaster Pangan Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama SHS Karyawan Gunarso, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi, Direktur PT AOA Artur Sahal Sihotang, Direktur Utama PT Pertani (Persero) Maryono, serta segenap pejabat Kementerian Pertanian, Senin, 8 Maret 2021, di Subang.

    Arief mengatakan, RNI sebagai ketua BUMN Klaster Pangan mendukung penuh kerja sama antara SHS dengan AOA dalam budidaya penanaman bawang merah dengan memanfaatkan lahan pertanian milik SHS. Hal ini merupakan bentuk dukungan BUMN Pangan dalam memastikan ketersediaan komoditas pangan strategis.

    “Kami terus konsisten berperan aktif dalam memastikan ketersediaan kebutuhan pokok khususnya menjelang hari besar keagamaan seperti puasa dan lebaran,” ujar Arief.

    Sementara itu, Karyawan Gunarso mengatakan, sebagai langkah awal, kerja sama ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan seluas 10 hektar dengan target produktivitas sekitar 12-13 ton bawang merah per hektar. Ia menjelaskan, jenis bawang merah yang dikembangkan adalah varietas Bima dengan masa tanam sekitar 65 hari. Ditargetkan panen perdana dilakukan pada awal bulan Mei 2021, sehingga dapat langsung memasok kebutuhan bawang merah di bulan Puasa dan menjelang Lebaran.