×
Partisipasi ID FOOD dalam Merdeka Innovation SUMMIT 2023 Sampaikan Hasil Inovasi/ Riset Industri Pangan dan Beragam Produk Unggulan
Holding BUMN Pangan ID FOOD berpartisipasi dalam Merdeka Innovation Summit 2023 yang diselenggarakan pada 16-17 November 2023, di Bidakara, Jakarta. Dalam kegiatan hasil kolaborasi antara Kerja Sama Riset dan Inovasi (KeRIs) BUMN dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kedaireka tersebut ID FOOD menyampaikan sejumlah hasil inovasi dan riset industri pangan. Selain itu, ID FOOD juga berpartisipasi dalam eksebisi dengan menampilkan produk pangan unggulan ID FOOD Group.
Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha ID FOOD Dirgayuza Setiawan dan VP Perencanaan Strategis dan Transformasi ID FOOD Dipta Erlangga.
Pada sesi Innovtalks Session, ID FOOD menyampaikan mengenai mode bisnis serta berbagai hasil riset dan inovasi pangan yang telah dijalankan. Diantaranya terkait peningkatan produktivitas tanaman padi dan jagung melalui pemilihan varietas dan teknologi budidaya. Riset/inovasi ini bertujuan untuk mendapatkan varietas dan teknologi budidaya padi dan jagung yang adaptif, meningkatkan produktivitas padi (minimal 8,5 ton/ha) dan jagung (minimal 5,5 ton/ha) yang berdampak pada peningkatan pendapatan perusahaan.
Adapun implementasi dari riset/inovasi tersebut meliputi up scaling hasil penelitian ke skala demoplot yang lebih luas 10-15 ha hingga penerapan skala komersial, serta sosialisasi dan edukasi kepada petani.
Selain itu juga dipaparkan riset/inovasi lainnya seperti pemanfaatan limbah industri gula (pucuk tebu, blotong, abu ketel, vinase) menjadi energi/pupuk, identifikasi senyawa policosanol pada produk hijus yang berpotensi menjadi penurun kolesterol, teknologi penyimpanan cabai dan bawang merah untuk mempertahankan kualitas prod, serta optimalisasi proses fermentasi pada produk baru kecap.