×
ID FOOD mendukung Gerakan Pangan Murah (GPM) yang di launching oleh Badan Pangan Nasional serentak secara Nasional

Holding BUMN Pangan ID FOOD mendukung Gerakan Pangan Murah (GPM) yang di launching oleh Badan Pangan Nasional serentak secara Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (26/6/2023). Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, pelaksanaan GPM serentak pada 26 Juni 2023 ini digelar di 342 titik dengan melibatkan dinas yang menangani urusan pangan di tingkat Provinsi dan di tingkat Kabupaten/Kota sebagai pelaksana di daerah masing-masing.

Seperti pada umumnya setiap pelaksanaan GPM, para pemasok yang terdiri BUMN Pangan seperti Perum BULOG dan ID FOOD, BUMD, Asosiasi, Koperasi atau Gapoktan, serta pelaku usaha setempat lainnya menyediakan berbagai kebutuhan pangan pokok untuk dijual dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar. Sejumlah komoditas tersebut meliputi, beras, telur ayam, cabai, bawang merah, bawang utih, daging ayam, daging sapi, gula, minyak goreng, serta aneka sayuran dan buah-buahan.

Wakil Menteri BUMN I Pahala N Mansury mengatakan, BUMN mendukung kegiatan untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui 3 inisiatif utama, seperti penguatan on farm untuk mendukung produksi, optimalisasi kegiatan off take, dan melakukan efisiensi rantai pasok di sektor pangan.

Adapun dalam kegiatan GMP Serentak Nasional ini, kontribusi BUMN melalui ID FOOD dan BULOG berperan menjadi supplier. Di mana ID FOOD berperan memasok produk pangan di 91 titik dan BULOG berperan di 256 titik pelaksanaan GPM.

Sebagai informasi Acara Launching GPM Serantak Nasional ini juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Made Arya Wijaya, perwakilan dari Kantor Staf Kepresidenan, Sekretariat Kabinet, Kementerian Pertanian, Deputi Bidang Kordinasi Pangan dan Agrobisnis Kemenko Perekonomian, Deputi Gubernur BI, Badan Pusat Statistik, Gubernur, Bupati, Walikota daerah pelaksanaan yang terhubung secara daring, Satgas Pangan Polri, Direktur Utama BULOG, Direktur Utama ID FOOD, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi, sejumlah Ketua dan Pimpinan Asosiasi.