×
RNI bersama BUMN Klaster Pangan siap bersinergi dengan Kementerian Agama dalam mendukung kemandirian pangan Pesantren.

Direktur Utama PT RNI (Persero), Arief Prasetyo Adi menyebut bahwa. kepemilikan lahan Pondok Pesantren yang cukup luas dan didukung SDM yang memadai menjadi potensi besar untuk pengembangan sektor pertanian. Implementasi konsep dari pesantren, untuk pesantren dan oleh pesantren menjadi keniscayaan untuk dapat mewujudkan kemandirian pangan pesantren.

“Banyak hal yang bisa dilakukan Pesantren, diantaranya adalah kolaborasi dan sinergi dengan mitra dalam pasokan benih, saprotan, teknologi, serta sinergi dalam pemasaran dan distribusi hasil produksi.”Jelas Arief pada kesempatan menghadiri Pesantren Econonic Forum (15/12/2021)

Dalam distribusi komoditas pangan domestik, BUMN Pangan memiliki program Warung Pangan untuk memberdayakan UMKM di hilir dan juga mitra petani di hulu. Program ini diharapkan dapat mempermudah warung- warung UMKM mendapatkan suplai produk dengan harga yang kompetitif. Saat ini, sebanyak 60 ribu Warung UMKM sudah tergabung Warung Pangan, dengan sebaran di Jabodetabek, Bandung, Semarang dan kota besar lainnya.

“Program distribusi komoditas pangan domestik ini tentu menjadi peluang kolaborasi dan kerjasama antara BUMN Pangan dengan Pesantren.”pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap mitra BUMN dan swasta berkolaborasi bersama pemerintah dengan menjadi bapak angkat dalam upaya mengungkit kemandirian ekonomi pondok pesantren di Indonesia.

Harapan ini juga disampaikan Gus Menteri saat membuka Pesantren Economic Forum yang mengusung tema Membangun Kemandirian Ekonomi Pesantren Melalui Kolaborasi Inc.

“Kita berharap kepada mitra BUMN dan swasta mau menjadi bapak angkat dalam mengungkit kemandirian dan ekonomi pondok pesantren. Kalau ini bisa konsisten, saya optimis pada waktunya pondok pesantren akan mampu menjadi penggerak sekaligus daya ungkit bagi ekonomi nasional sebagaimana yang diharapkan Presiden Joko Widodo,” kata Menag di Jakarta, Rabu (15/12/2021).