×
Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024,  ID FOOD Dukung Pembangunan Perikanan Berkelanjutan Melalui Hilirisasi dan Digitalisasi

Langkah memperkuat ketahanan pangan perlu didukung penguatan sejumlah sektor lainnya, diantaranya sektor perikanan yang berkontribusi besar dalam menjaga pasokan protein hewani bagi masyarakat. Untuk itu, upaya menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan menjadi hal yang sangat penting. 


Hal tersebut mengemuka dalam Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024 yang mengangkat tema "Food Security, Marine and Fisheries Sustainability" pada, Senin, 5/2/2024, di Jakarta. Kegiatan dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha (PPU) ID FOOD Dirgayuza Setiawan yang juga menjadi salah satu pembicara.


Forum yang digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ini bertujuan untuk menggali lebih jauh peluang dan potensi di sektor kelautan dan perikanan dalam memberikan nilai tambah bagi kemajuan investasi nasional. Selain itu, yang tidak kalah penting kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya sektor kelautan dan perikanan Indonesia dalam menjamin ketahanan pangan nasional.


Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha (PPU) ID FOOD Dirgayuza Setiawan dalam paparannya dalam sesi Dialogue of Learning and Sharing of Sustainable Marine and Fisheries Management and Development, menyampaikan peluang dan tantangan dalam menjaga keberlanjutan pangan yang bersumber dari komoditas perikanan dan kelautan.


Pada kesempatan tersebut juga disampaikan mengenai profil dan portofolio bisnis ID FOOD sebagai Holding BUMN Pangan yang juga bergerak di sektor perikanan melalui PT Perikanan Indonesia. Dalam penguatan sektor perikanan, ia menyampaikan, hilirisasi dengan menetapkan fokus utama komoditas menjadi strategi yang tepat, di tengah semakin meningkatnya konsumsi di dalam negeri. 


Selain itu, disampaikan juga, digitalisasi menjadi faktor kunci yang harus terus diperkuat. Saat ini ID FOOD tetap fokus pada pembangunan perikanan yang berkelanjutan diantaranya dengan mengembangkan ekosistem digitalisasi perdagangan perikanan.