×
Pastikan Kegiatan Bisnis Berjalan sesuai GCG, ID FOOD Dorong Peningkatan Kompetensi, Kapabilitas, dan Fungsi Audit Internal
Dalam rangka memastikan aktivitas bisnis perusahaan berjalan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik sehingga menghasilkan peningkatan kinerja perusahaan, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Kapabilitas Satuan Pengawasan Internal (SPI), pada 31 Juli – 2 Agustus 2023, di Yogyakarta.
Rakor yang dibuka oleh Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan kompetensi auditor internal, kapabilitas SPI, serta melakukan penyelarasan program kerja pengawasan tahunan antar fungsi audit internal dan optimalisasi kolaborasi pengawasan antar fungsi audit internal dengan komite audit.
Menurut Frans, peran audit internal dalam perusahaan sangat penting dan menentukan, karena membantu manajemen meningkatkan efektifitas proses bisnis melalui evaluasi yang sistematis dan terencana. Ia juga berpesan, agar peran SPI dalam organisasi Holding BUMN Pangan terus diperkuat melalui penerapan sistem pencegahan, sehingga dapat mengurangi potensi kesalahan dalam kegiatan bisnis perusahaan.
Kegiatan ini dihadiri pejabat struktural dan auditor internal/staf SPI serta anggota Komite Audit Holding BUMN Pangan ID FOOD. Selama 3 hari, kegiatan akan diisi oleh workshop serta pembahasan berbagai materi seperti, Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) berbasis Risiko, Peran SPI Pasca Terbitnya Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-2/MBU/03/2023, penyampaian materi oleh Deputi Akuntan Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengenai Strategi Menuju Kematangan Kapabilitas SPI Korporasi, Penyelarasan Internal Audit Charter (IAC) dengan Peraturan Menteri BUMN dan antar SPI ID FOOD, dan Penyusunan Draf IAC Bersama Seluruh Anggota ID FOOD dengan didampingi Komite Audit masing-masing perusahaan.
.