×
ID FOOD Dukung Pemberdayaan Perempuan Di Sektor Pertanian
Di tengah peringatan Hari Perempuan Internasional 2024, Holding BUMN Pangan ID FOOD kembali menegaskan dukungannya terhadap penguatan pemberdayaan perempuan di bidang pertanian, upaya tersebut sebagai langkah untuk memperkuat ekosistem bisnis pangan nasional. Hal tersebut disampaikan Direktur Supply Chain Management (SCM) dan IT ID FOOD Bernadetta Raras dalam seminar bisnis bertema Empowering women in agriculture – opportunities for business, Kamis, (7/3/2024), di Jakarta.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan berdasarkan data BPS tahun 2020, terdapat sebanyak 27,5 juta petani di seluruh Indonesia, di mana 30 persennya merupakan Perempuan. Hal ini tentunya menunjukkan pentingnya peran strategis Perempuan dalam landscape pertanian serta pangan nasional. Kondisi tersebut yang kemudian menjadi urgensi ID FOOD dalam mendorong pemberdayaan Perempuan di bidang pertanian.
Di samping itu, penguatan peran dan pemberdayaan Perempuan di bidang pertanian juga sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya Holding BUMN Pangan yaitu mewujudkan inklusifitas petani, peternak, dan nelayan, serta pelaku usaha UMKM yang mana kelompok tersebut banyak diisi dan dijalankan oleh para Perempuan.
Adapun seminar yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2024 tersebut digelar oleh PRISMA yang merupakan kemitraan inovatif antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia untuk menumbuhkan pasar pertanian di pedesaan Indonesia bekerja sama dengan PISAgro atau Partnership for Indonesia's Sustainable Agriculture.
.