×
ID FOOD Menerima Kunjungan APCICT/ESCAP Kolaborasi Pemberdayaan UMKM Dan Project Makmur
Holding BUMN Pangan ID FOOD menerima kunjungan UN APCICT (Asian and Pasific Training Centre for Information and Communication Technology for Development)/ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific) dalam rangka memperkuat kolaborasi lintas sektor untuk mendorong peningkatan bisnis dan pembangunan ekosistem pangan nasional.
Kunjungan diterima langsung Direktur Supply Chain Management (SCM) dan IT ID FOOD Bernadetta Raras, Kamis, (7/3/2024), di Waskita Rajawali Tower (WRT), Jakarta. Hadir dalam kunjungan tersebut Director of APCICT/ESCAP Asia Pacific Kiyoung Ko, Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, serta Business Leader PADI UMKM.
Dalam kunjungan tersebut dilakukan penjajakan rencana berkolaborasi pemberdayaan UMKM melalui PADI UMKM sebuah platform digital untuk mempertemukan BUMN dengan pelaku UMKM sehingga dapat mempercepat serta mendorong efisiensi transaksi. Tujuan PADI UMKM adalah untuk memungkinkan UMKM Indonesia bersaing di pasar pengadaan Business to Business (B2B) melalui platform pengadaan end-to-end yang mudah digunakan, lengkap, dan sesuai dengan kebutuhan.
Menurut Direktur SCM dan IT ID FOOD Bernadetta Raras, tujuan platform PADI UMKM memiliki keselarasan dengan program WIFI atau Women ICT Frontier Initiative yang diusung APCICT/ESCAP. Dalam program WIFI terdapat modul yang terkait erat dengan upaya pengembangan UMKM di Indonesia, diantaranya Foundation Course for Digital Transformation & Innovation serta Digital Technologies and Financial Management.
Program WIFI sendiri bertujuan untuk mempromosikan kewirausahaan perempuan di Asia dan Pasifik melalui peningkatan kemampuan perempuan pengusaha di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta kewirausahaan, sehingga mereka dan usaha mereka dapat menjadi lebih produktif, berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat serta perekonomian lokal dan nasional.
Selain itu, program lainnya yang potensial untuk dikolaborasikan adalah Program MAKMUR Integrated Farmer and Agriculture Solution yang bertujuan untuk pendampingan intensif kepada petani dalam penerapan budidaya pertanian berkelanjutan serta terintegrasi.