×
ID FOOD Bentuk Tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT)
Sebagai tindaklanjut MoU Perlindungan Informasi dan Transaksi Elektronik dan lanjutan atas pengisian Tingkat Maturitas Penanganan Insiden (TMPI), ID FOOD bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengadakan kegiatan Workshop Asistensi Pembentukan Tim CSIRT atau Tim Computer Security Incident Response Team ID FOOD Group, yang dilaksanakan secara daring dan luring pada 5-7 Juni 2024, bertempat di PT PG Rajawali I, Surabaya, Jawa Timur.
Kegiatan asistensi ini meliputi pembekalan atau pemaparan materi terkait CSIRT yang diikuti oleh seluruh anak perusahaan ID FOOD Group serta proses pengisian dan verifikasi dokumen TMPI yang diikuti oleh 14 perusahaan baik anak perusahaan maupun afiliasi ID FOOD Group yang terdiri dari PT RNI sebagai Holding, PT Rajawali Nusindo, PT PG Rajawali I, PT PG Rajawali II, PT PG Candi Baru, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT BGR Logistik Indonesia, PT Berdikari, PT Garam, PT Perikanan Indonesia, PT Sang Hyang Seri, PT GIEB Indonesia, PT Rajawali Tanjungsari Enjiniring, dan PT Rajawali Citramass.
Kegiatan asistensi ini dipandu oleh Tim dari BSSN yang dipimpin ⁠Direktur Keamanan Siber dan Sandi Energi dan Sumber Daya Alam – BSSN Sri Sutanto. Dalam pemaparannya ia menyampaikan bahwa pembentukan Tim CSIRT ini bertujuan untuk melakukan penyelidikan yang komprehensif guna melakukan pencegahan adanya insiden keamanan siber.
Sementara Itu, Direktur Supply Chain Management (SCM) dan TI ID FOOD Bernadetta Raras mengungkapkan, ID FOOD berkomitmen dalam menjalankan bisnis perusahaan melalui sistem berbasis IT. Pembentukan tim ini, tambahnya, merupakan bagian dari upaya ID FOOD dalam mendukung transformasi digital dan menjaga keamanan data perusahaan.
“Dengan terbentuknya Tim CSIRT IDFOOD Group ini, perusahaan mampu menanggulangi insiden keamanan siber secara cepat dan tepat,” tuturnya.
Sebagai bentuk tindak lanjut, akan dilakukan rekomendasi pemenuhan gap pada nilai yang masih belum memenuhi target, serta penyiapan dokumen pendukung atau evidence sebagai dokumen bukti dari hasil penilaian TMPI dan pendaftaran Tim CSIRT ID FOOD Group kepada BSSN.