×
ID Food Dukung Pengembangan Kawasan Food Estate Hortikultural Berbasis Ekosistem Hulu Hilir

Sumatera Utara (Sumut)–Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury didampingi oleh Direktur Utama PT RNI (Persero) / ID FOOD Frans Marganda Tambunan, Direktur Pengembangan & Pengendalian Usaha PT RNI (Persero)/ID FOOD, Dirgayuza Setiawan dan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno serta para petani setempat melaksanakan kunjungan kerja ke lokasi  Food Estate di kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, pada sabtu, 25 Februari 2023. Kunjungan kerja ini dititikberatkan untuk melihat prospek tanaman hortikultura dan membantu petani dalam permasalahan pemasaran hasil panen serta bagaimana jaminan petani dalam asuransi gagal panen yang sedang dilakukan oleh kelompok-kelompok tani yang berfokus pada komoditas seperti bawang merah, kentang sayur, kentang industry, cabai dan lainnya. 


Pada kesempatan tersebut Pahala Mansury berdikusi secara langsung dengan para pertani bawang merah, petani kentang terkait pengembangan tanaman hortikultra. Hal ini juga membuka BUMN dapat bermitra dengan petani melalui Program Makmur. 


Selanjutnya mengatakan dengan adanya BUMN masuk dalam pengembangan kawasan Food Estate hortikultura diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani sehingga petani dapat mendapatkan nilai tambah dari adanya kemitraan ini. "Kita harus pastikan petani yang terlibat dalam pengembangan Food Estate yang akan dibangun oleh BUMN nantinya, tidak mengenal kata rugi untuk petani dan perusahaan BUMN”, seluruh produk hasil pertanian bisa terserap dengan ID FOOD sebagai Holding BUMN Pangan.


Selain itu juga, peran ID FOOD juga terkait penanganan pasca panen, dimana upaya ini sangat strategis dalam rangka mendukung peningkatan produksi serta mutu produk yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip good handling practices.