×
Digital Transformation Indonesia Conference Expo 2024, ID FOOD Sampaikan Transformasi Digital di Holding BUMN Pangan
Direktur Supply Chain Management (SCM) dan Teknologi Informasi (TI) PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/ID FOOD Bernadetta Raras, menjadi pembicara dalam Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX) 2024, Kamis, (1/8/2024), di Jakarta.
Dalam kesempatan tersebut ia memaparkan mengenai Digital Revolution in Agribusiness dari persfektif BUMN Pangan. Menurutnya setiap pelaku industri yang menjadi bagian ekosistem pangan nasional perlu memiliki komitmen dan roadmap dalam penerapan smart farming, sehingga transformasi sektor pertanian nasional berjalan secara terukur dan berkelanjutan.
Terkait urgensi smart farming tersebut, Raras menjelaskan Holding BUMN Pangan ID FOOD saat ini telah menjalankan roadmap penerapan smart farming di sejumlah lini bisnisnya. “Penting untuk ID FOOD menerapkan smart farming. Mengingat, sebagai Holding BUMN Pangan yang dibentuk pemerintah, ID FOOD memiliki tugas besar menjaga ketahanan pangan nasional serta meningkatkan inklusifitas petani, peternak, nelayan, dan UMKM,” ujarnya.
Di industri gula yang menjadi lini bisnis terbesar perusahaan misalnya, ID FOOD mengadopsi teknik pertanian cerdas yang melibatkan penginderaan jarak jauh, sensor, dan IoT. “Dengan penerapan smart farming tersebut, ID FOOD mampu mengolah tebu dari 50.000 hektar lahan setiap tahun sambil memaksimalkan produksi,” terang Raras.
Langkah ini menurutnya, telah memberikan perbaikan yang signifikan dalam proses bisnis perusahaan. Dari sisi produksi, penerapan smart farming penting untuk menjaga akurasi pelaksanaan budidaya tebu dari mulai tanam hingga panen/tebang, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tebu dan gula ID FOOD. Dampaknya, penjualan gula ID FOOD pada 2023 mengalami peningkatan 5%, atau tumbuh dari 401 ribu ton di tahun 2022 menjadi 421 ribu ton di tahun 2023.

Postingan Terbaru