×
Menteri BUMN Erick Thohir Lepas Ekspor Kopi PPI (Member of ID FOOD) Perdana Tahun 2022

LAMPUNG - Holding Pangan ID FOOD melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (member of ID FOOD) atau PPI melakukan ekspor perdana kopi di tahun 2022 ke Mesir, Minggu, 30 Januari 2022, di Bandar Lampung. Pelepasan ekspor dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, yang turut didampingi Direktur Utama ID FOOD Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati, dan Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana serta Direktur BUMN dan Perwakilan Pimpinan Daerah.

Secara reguler, ID Food sektor perdagangan & logistik akan terus mengeskpor kopi ke Mesir mulai awal tahun hingga akhir tahun 2022.

Ekspor direncanakan hingga 3.000 ton berdasarkan kontrak yang ditandatangani awal Januari lalu. Ekspor ini sendiri telah berlangsung sejak September 2021 berdasarkan kontrak yang telah ditandatandatangi pada tahun 2021, yaitu sebanyak 600 ton.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk mewujudkan kemandirian ekosistem dan untuk kesejahteraan semua, menurutnya penguatan kemandirian ekosistem ini dapat menjadi super hero kekuatan indonesia.

Hal itu dikatakannya pada momentum peluncuran Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara yang terbentuk atas BUMN, Asosiasi, Swasta, Lembaga Research and Development (R&D) dan diharapkan mampu mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di Tanah Air serta mampu mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi hingga mendorong industri kopi dalam negeri untuk berdaya saing global.

Sementara itu, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID Food, Arief Prasetyo Adi mengatakan sesuai arahan Menteri Erick, Holding pangan – ID Food terus wujudkan ekosistem pangan yang berkelanjutan sebagai lokomotif penyeimbang dalam meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

Dirut PPI Nina Sulistyowati menambahkan, kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas yang memenuhi kebutuhan kopi di Mesir.