×
Dukung Pengembangan Teknologi Di Bidang Pangan, RNI Beri Penghargaan Siswa Pembuat Sistem Pintar Robotic Peternakan Ayam

JAKARTA - Sebagai bentuk kontribusi dan dukungan BUMN Klaster Pangan terhadap pengembangan teknologi karya anak bangsa dalam bidang pangan, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) memberikan bantuan kepada Siswa Berprestasi yang sukses mengembangkan prototipe sistem pintar untuk ketahanan pangan di bidang peternakan dengan nama Chicken Robo Farm (Chirofarm). Bantuan berupa dua unit laptop tersebut diserahkan oleh Direktur Keuangan RNI Pramusti Indrascaryo kepada, Muhammad Banyu Baskor (12) dan Nyoman Satria Naradhipa (11), Rabu, 3 Februari 2021, di Waskita Rajawali Tower, Jakarta. Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Manajemen Aset RNI Endang Suraningsih, VP Sekretaris Korporasi RNI Emmi Mintarsih dan Sekretaris Perusahaan PT Berdikari (Persero) Dhenny Kamavina.

 

Menurut Pramusti, bantuan ini merupakan bentuk apresiasi RNI bagi talenta muda yang memiliki inovasi dan kepedulian bagi pengembangan pangan nasional. “Apa yang telah dibuat oleh Banyu dan Dhipa merupakan hal yang sangat membanggakan dan pantas mendapat apresiasi serta perhatian lebih, mengingat prototipe Chirofarm yang mereka kembangkan berpotensi mendukung peningkatan produktivitas industri peternakan ayam di Indonesia,” ujarnya.

 

Pramusti menambahkan, kedepannya akan dilakukan penjajakan dan diskusi lebih lanjut bersama BUMN anggota Klaster Pangan lainnya, khususnya PT Berdikari yang memiliki unit bisnis peternakan ayam, guna melihat potensi pengembangan prototipe sistem pintar ini dalam skala industri. Hal tersebut diharapkan dapat membuka jalan bagi pengembangan dan pemanfatan Chirofarm secara lebih luas lagi sehingga mampu berkontribusi dalam penguatan industri peternakan nasional.

 

Chirofarm sendiri merupakan sistem pintar untuk ketahanan pangan di bidang peternakan ayam yang mendukung oprasionalisasi aktivitas di kandang ayam pedaging. Chirofarm terdiri dari 5 sistem otomatis, yaitu robot pemeliharaan alas kandang, instalasi pakan ayam otomatis, instalasi air minum ayam otomatis, sistem pengangkatan instalasi pakan dan air minum ayam, dan sistem pengaturan suhu kandang otomatis.

 

Salah satu sistem otomatisnya yaitu, robot pemeliharaan alas kandang diprogram secara otomatis untuk bergerak membersihkan/membolak-balikan sekam dan menaburkan disinfektan. Pembersihan sekam ini akan membuat kelembaban terjaga sehingga menghindarkan ayam dari terjangkit mikro organisme berbahaya, serta dapat mengurangi kerja anak kandang.

 

Adapun sistem Instalasi pakan ayam otomatis bertujuan untuk mengatur waktu dan volume pendistribusian pakan. Dengan instalasi otomatis ini, pemberian pakan ayam dapat diatur dengan timer yang dapat membuka 3 kali sehari, masing-masing selama 2 menit untuk mendistribusikan pakan melalui pipa ke tempat pakan ayam.

 

Sementara instalasi air minum ayam otomatis bertujuan untuk penyaringan dan mengatur sirkulasi air minum ayam guna mencegah perkembangan mikro organisme berbahaya. Sedangkan, sistem pengaturan suhu kandang otomatis bertujuan untuk mengatur suhu ruang kandang, apabila suhu ruangan terdeteksi terlalu panas maka sistem akan mengaktifkan motor penggerak untuk membuka ventilasi udara dan menyalakan kipas exhaust sehingga udara segar dapat masuk dan menurunkan suhu ruang kandang.

 

Dhipa mengatakan, secara umum Chirofarm dapat membantu dan mempermudah pekerjaan. Menurut siswa yang masih duduk di sekolah dasar ini, Chirofarm juga turut menjaga ayam terpelihara dengan baik, terhindar dari penyakit dan stres, sehingga hasil panen akan maksimal.

 

Banyu berharap, Chirofarm dapat menjadi solusi pemeliharaan ayam pada kandang-kandang di perternakan. “Sistem ini dapat mendukung produksi daging ayam dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mencukupi sumber protein untuk bahan pangan,” ungkap siswa yang masih mengenyam pendidikan di sekolah menengah pertama ini.

 

Chirofarm telah memenangi sejumlah penghargaan di berbagai ajang kompetisi robotic, diantaranya Gold Medal untuk kategori Creative Open dalam ajang lomba robotik tingkat nasional, Indonesia Youth Robotic Competition (IYRC) 2020, serta Penghargaan di ajang Robot Internasional, yaitu International Youth Robotic Competition (IYRC) 2020 lewat project Watering Automation of Hydroponic installations RoboPlant. (Corcom RNI)